Rabu, 01 Juni 2011

Masuknya Islam di Benua Afrika

klik judul untuk mendownload file lengkapnya

A.    Latar Belakang
Bagi kebanyakan orang jika memikirkan  atau membayangkan tentang benua Afrika, maka hal yang pertama kali muncul dalam benak kita adalah adanya ketertinggalan , kemiskinan, serta banyaknya konflik yang menyebabkan situasi menjadi tidak kondusif. Gambaran kita tentang benua ini tidaklah sepenuhnya benar. Afrika merupakan salah satu benua yang memiliki kekayaan tambang terbesar di dunia. Tidak hanya kaya akan barang tambang, benua ini juga kaya akan flora dan faunanya.
Jika terdapat stigma bahwa benua Afrika adalah benua yang peradabannya tertinggal dibandingkan dengan peradaban di belahan bumi lain, maka hal ini adalah salah karena berdasarkan fakta yang ada, bahwa salah satu peradaban tertua di bumi ini muncul di benua Afrika, tepatnya di wilayah Mesir. Sampai sekarang peradaban kuno ini masih menyisahkan bentuk-bentuk mengagumkan dari kejayaan manusia yang sudah menggunakan kemampuan berpikir dalam menciptakan bentuk-bentuk mengagumkan seperti Piramid, Spink, serta patung para dewa yang dipercaya oleh masyarakat Mesir Kuno.
Benua Afrika merupakan benua yang mengalami beberapa bentuk peradaban. Setelah masa-masa Mesir Kuno berakhir, maka sejak saat itu benua ini terus menjadi ajang perebutan kekuasaan bagi kerajaan-kerajaan besar yang ingin menamkan pengaruhnya di benua ini. Kerajaan Romawi pernah berkuasa di Afrika, namun sayang kerajaan ini harus menyerah pada penaklukan yang dilakukan oleh orang-orang Islam. Dengan kehadiran Islam di Afrika, maka kehidupan masyarakat di benua ini mengalami perubahan sesuai dengan pola kehidupan suatu daerah yang dikuasai oleh pemerintahan Islam. Banyak berdiri bangunan-bangunan yang bergaya bangunan Timur Tengah, berdiri banyak sekolah-sekolah Islam seperti Universitas Kairo.
Setelah Islam mengalami masa-masa yang kelam, maka penetrasi bangsa Barat (Eropa) mulai hadir di Benua yang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Penetrasi bangsa Barat ini ternyata tidak  berjalan dengan lancar. Fakta yang terjadi dalam lapangan menunjukkan masih adanya pengaruh Islam yang menjadi penghalang bagi usaha bangsa Barat untuk menanamkan pengaruhnya di benua ini.
Begitu besar pengaruh yang dibawah oleh Islam sehingga sampai peralihan penguasaan yang terjadi di Afrika masih banyak perlawanan yang ditujukan kepada bangsa Eropa. Bila dilihat secara lebih mendalam, masuknya Islam ke Afrika tidak terlepas dari penguasaan-penguasaan yang terjadi pada masa perluasan Islam yang dimulai sejak masa Kulafur Rasyidin. Namun, adanya penguasaan-penguasaan tersebut tidak secara otomatis membawa penduduk Afrika untuk memeluk Islam.
Begitu banyak cara yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Afrika. Penyebaran Islam ini tidak terlepas dari kondisi masyarakat Afrika sebelum Islam masuk Afrika, sehingga nantinya akan mempermudah jalan masuknya Islam ke Afrika. Wilayah Afrika yang sangat luas berakibat pada penyebaran Islam yang memakan waktu yang cukup lama, sehingga nanti akan kita jumpai banyak perbedaan antarab penyebaran Islam di satu wilayah dengan wilayah lain di benua Afrika

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dari makalah ini adalah:
1.      Bagaimana awal masuknya Islam di Afrika?
2.      Bagaimana proses penyebaran Islam di Afrika?

C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui awal masuknya Islam di Afrika.
2.      Mengetahui proses penyebaran Islam di Afrika.




Untuk lebih lanjutnya…….
1.    Pastikan anda menjadi pengikut blog ini
2.    Kirim email ke: sangajimbojo@gmail.com atau ranggambojo@ymail.com
3.    Gabung di facebook dengan alamat email di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar