Rabu, 01 Juni 2011

UAS Sejarah Amerika

klik judul untuk mendownload file lengkapnya

1.    Jim Crow
 Jim Crow adalah sebuah Undang-Undang yang diberlakukan di Amerika Serikat antara tahun 1876-1965. Undang-Undang Jim Crow dianggap sebagai sebuah upaya untuk mengatasi masalah rasial di Amerika Serikat yang melegalakan pemisahan antara kulit putih dan kulit berwarna di segala bidang, seperti di restaurant, transortasi rumah sakit, tempat hiburan, tempat ibadah sekolah, dan lain sebagainya. Pada umumnya, Jim Crow adalah hukum yang membahas kebebasan hak-hak sipil dan hak suara dalam menentukan pemerintahan di Amerika Serikat yang sangat berbeda porsinya antara golongan kulit putih dengan golongan kulit hitam.Dalam kegiatan politik orang-orang kulit hitam juga dirampas haknya untuk memberikan suara dalam pemilu, sehingga walaupun jumlah mereka cukup besar, namun tidak dapat besaing dan memeberikan perlawanan politik.
Sebenarnya Undang-Undang Jim Crow ini bertolak dari sebuah prinsip, yaitu “seprate but equal” (terpisah namun sejajar) antara kedua ras yaitu kulit putih dengan kulit berwarna. Tetapi pada kenyataannya, Undang-Undang Jim Crow ini terbukti  tidak dapat mewujudkan prinsip “separate but equal” itu.  Dalam kenyataannya, fasilitas yang disediakan untuk orang negro selalu lebih jelek daripada fasilitas untuk orang putih. Contohnya, seperti dalam hal pendidikan; fasilitas pendidikan berbeda kondisinya untuk yg kulit putih dan yg untuk kulit hitam. Sekolah-sekolah untuk kulit hitam selalu dalam keadaan yg buruk dan tidak memadai, sangat jauh sekali dari keadaan sekolah-sekolah untuk kulit putih. Pemisahan murid sekolah berdasarkan warna kulit dianggap tidak sah secara hukum oleh  pada 1954 menurut . Secara umum, hukum ini dibatalkan oleh  dan, namun baru diterapkan pada tahun 1970-an.
Undang-Undang Jim Crow dalam perwujudannya yg paling ideal mungkin bisa membawa keadilan, tapi yg menjalankan tetaplah manusia dan kecendrungan-kecenderungan manusia untuk menginteprasi hukum yg ada agar sesuai dengan kepentingannya sendiri selalu ada.
Sumber Bacaan:
1.   U.S.I.S. Tanpa Tahun. Garis Besar Sejarah Amerika. ______: Departemen Penerangan Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar