Rabu, 01 Juni 2011

Pesawat Terbang Pertama Meberi Warna Baru Bagi Dunia

klik judul untuk mendownload file lengkapnya


A. Latar Belakang
            Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga mengalami perkembangan yang pesat pula. Adanya kemajuan di bidang teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan pesat adalah teknologi di bidang penerbangan. Saat ini kita sudah bisa menikmati kecanggihan teknologi di bidang penerbangan. Hal ini tidak terlepas dari perjuangan tokoh-tokoh terdahulu dalam mewujudkan impian mereka.
Penemuan pesawat terbang merupakan fenomena sejarah yang penting, baik dalam hal penggunaan untuk tujuan-tujuan damai maupun perang. Hanya dalam tempo puluhan tahun sesudah itu, pesawat terbang telah membuat dunia kita begitu sempit, bahkan ruang angkasa pun rasanya dapat disentuh jari. Dan lebih dari itu, penemuan pesawat terbang bermuatan manusia merupakan pemula dan pembuka jalan bagi penerbangan di luar angkasa. Sebelum keberhasilan Wilbur dan Orville Wright dalam membuat pesawat terbang, bisa terbang layaknya burung hanyalah sebuah impian belaka. Seperti halnya kata-kata penyair Jerman (dalam: Stever, 1973: 9) “Betapa dalam aku mendambakan kemampuan meluncurkan diri mengarungi angkasa yang tak terbatas dan melayang di atas jurang menganga yang mempesonakan” (Guyford Stever,1973:9). Kata-kata tersebut mengungkapkan impian manusia untuk terbang sejak awal zaman.
            Pesawat Terbang mengalami perkembangan sejarah yang sangat panjang. Ada beberapa tokoh yang sangat berjasa dalam perkembangan pesawat terbang. Salah satunya adalah bapak pesawat terbang kita yaitu Wilbur dan Orville Wright  Di mana mereka telah berhasil membuat ”The Flayer “ pesawat bermesin pertama. Keberhasilan dalam membuat The Flayer memiliki dampak yang luar biasa bagi masyarakat saat itu. Fokus dari makalah ini adalah sejarah perkembangan pesawat, pembuatan The Flayer serta dampak keberhasilan pembuatan The Flayer. Untuk itulah penyusun mengambil judul ”Pesawat Terbang Pertama Memberi Warna Baru Bagi Dunia”.
B. Rumusan Masalah
1. Siapa saja para ahli sebelum Wright bersaudara dan apapenemuannya?
2. Bagaimana proses pembuatan The Flayer oleh Wright bersaudara?         
3. Bagaimana dampak keberhasilan pembuatan The Flayer?

C. Tujuan
1. Memaparkan para ahli sebelum Wright bersaudara beserta penemuannya.
2. Menjelaskan proses pembuatan The Flayer oleh Wright bersaudara.       
3. Menjelaskan dampak keberhasilan pembuatan The Flayer.




Untuk lebih lanjutnya…….
1.    Pastikan anda menjadi pengikut blog ini
2.    Kirim email ke: sangajimbojo@gmail.com atau ranggambojo@ymail.com
3.    Gabung di facebook dengan alamat email di atas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar